LIPUTAN HEALTH TALK JAKARTA

Hari Sabtu, 25 Januari 2014 ruang training gedung Menara Anugrah Lantai 25 dipenuhi oleh 200 orang peserta Health Talk dengan menghadirkan seorang pembicara yang selalu ditunggu – tunggu kehadirannya, yaitu Dr. dr. Amarullah H. Siregar, DIHom, DnMed, Msc, MA, PhD.

Acara dibuka oleh Ibu Nina Sarungu selaku Nutritional Product Manager dengan memberikan sa mbutan kepada peserta, lalu kemudian langsung dilanjutkan dengan pemberian materi bertema ” Peran AGEs pada penyakit degenerative seperti Diabetes, Stroke, Hipertensi dan Jantung Koroner”  oleh dr. Amarullah. Seluruh materi diberikan melalui gambari skema  dengan sangat rinci dan dijelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh peserta, dimana hampir dari semua peserta tidak memiliki latar belakang medis.

Intisari yang bisa disimpulkan dari penyampaian dr. Amarullah antara lain :

1.       AGE (Advanced Glycation End- Products) berasal  dari berlebihnya kadar gula dalam darah serta protein yang menyatu didalam tubuh akibat ketidakmampuan tubuh dalam mengambil sesuatu yang baik dan membuang yang tidak baik, AGE berbentuk seperti plag – plag yang menempel pada pembuluh darah dan menimbulkan peradangan serta pengerasan pada pembuluh darah.

2.       AGE dapat menyebabkan penuaan dini yang dapat terlihat dengan kasat mata, misalnya kerutan dan binyik hitam, selain itu AGE juga sangat berperan dalam timbulnya penyakit berbahaya seperti Diabetes, Strroke, Hipertensi, Jantung Koroner dan penyakit berbahaya lainnya.

3.       AGE merupakan pemicu ALE (Advanced Lipooxidation End- Products), ALE terjadi karena lemak yang sudah membusuk, dengan begitu menimbulkan PH darah yang asam dan menyebabkan penyakit penuaan seperti, Pengapuran, Stroke, Kanker dll.

4.       Selain tingkat stress dan  sinar Ultra Violet, dua faktor utama penyebab AGE adalah makanan dan udara.  Pemilihan makanan yang rendah AGE seperti buah dan sayuran dan juga pengolahan makanan yang tepat  seperti di kukus atau di rebus , akan menghindarkan kita dari  penumpukan AGE dalam tubuh.  Terlalu banyak oksigen yang masuk ke dalam tubuh ternyata bisa menjadi ancaman untuk tubuh karena reaksi hiper -metabolisme  yang merangsang pembentukan ROS ( Radikal Oxidative Species) yang sering dikenal sbg  Radikal bebas.

5.       Kehadiran Iridoid yang merupakan sebuah komponen berasal dari alam  yang banyak di jumpai dalam buah  Noni  ternyata terbukti mampu menjadi penghambat pembentukan AGEs dalam tubuh. Mekanisme penghambatannya bahkan sampai melalui 4 cara yang , yaitu   :

a.       Menghambat reaksi  Schiff base, yaitu suatu komponen yang terbentuk dari perpaduan gula dan protein

b.      Menghambat  pembentukan AGE berikutnya. Gula gula yang sudah terlanjur berikatan akan dipecahkan oleh iridoid untuk dikeluarkan oleh tubuh.

c.       Menghancurkan reaksi “crosslink ” protein yang disebabkan oleh AGEs. Crosslink protein ini menyebab rusaknya collagen dan  elastin yang berfungsi mencegah terjadinya  kekakuan pada arteri, memperlambat kecepatan pulsa gelombang dan  meningkatkan curah/volume darah keluar masuk jantung.

d.      Iridoid mampu merubah sifat sel untuk  bereaksi dengan AGE lewat pemblokadean dari ikatannya dengan RANGE yang dapat mengakibatkan pembentukan enzim-enzim merangsang  peradangan dalam tubuh.


Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah Fakultas kedokteran Universitas ternama di US , pemberian cairan noni -yang sudah dikondisikan – disuntikkan langsung kedalam jaringan kanker ternyata mampu merusak jaringan kanker tersebut sehingga mampu membuat jaringan tersebut rusak dan tidak mampu lagi berfungsi . Gambaran dari sel tersebut bisa dilihat sbb :


MORINDA


A.      Gambaran sel kanker yang masih padat dan kompak

B.      Gambaran sel kanker  setelah di suntikkan Noni , Nampak jaringan mengecil dan struktur dinding sel dirusak sehingga sangat mudah untuk dihancurkan.

Gambaran lain yang bisa kita lihat tentang bagaimana Iridoid yang mampu menghambat  RAGE  yang bertindak sebagai stimulant inhibitor RANGE (siRANGE)  terlihat jelas dalam perfusi di organ Paru -Paru. Perfusi adalah memompa cairan ke dalam suatu organ atau jaringan terutama dengan lewat pembuluh darah. Pasien yang secara berkala diberikan minuman bioaktif kaya iridoid akan memiliki kemampuan perfusi yang membaik , dan ini sangat menguntungkan untuk pasien -pasien yang mengalami gangguan sirkulasi pernafasan.  Berikut ini lami lampirkan gambarannya :


MORINDA



View full post on Blog Article

Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.

Comments

No comments yet.

Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

(required)